Manfaat Dan Khasiat Sambang Darah(Excoecaria cochinchinensis Lour.)

Sambang Darah(Excoecaria cochinchinensis Lour.)

Sinonim:Excoecaria bicolor Hassk

Nama umum
Indonesia: Sambang darah, daun lamban, daun remek daging, ki sambang
Cina: ji wei mu

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Euphorbiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Excoecaria
Spesies: Excoecaria cochinchinensis Lour.
Sambang Darah(Excoecaria cochinchinensis Lour.)
Sambang Darah(Excoecaria cochinchinensis Lour.)
Sambang darah dapat disebut dengan bahasa latin yaitu Excoeria cochinchinensis Lour atau Excoecaria bicolor Hassk. Sambang dara ini termasuk ke dalam keluarga tumbuhan Euphorbiaceae. Tanaman sambang darah ini dikenal dengan nama daerah ki sambang.

Ciri-ciri dari tanaman ini yaitu memiliki daun yang berwarna hijau tua pada bagian atas dan warna merah gelap pada bagian bawah. Tanaman ini sering dijumpai disekitar rumah. Ada juga yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang unik dan enak dipandang.
Cara membudidayakan tanaman ini sangat mudah yaitu dengan menggunakan biji atau stek. Untuk pemeliharaannya seperti tanaman lain yang hanya membutuhkan air yang cukup dengan menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk.

Sambang darah kaya dengan berbagai macam kandungan kimia yang telah diketahui antara lain : Tanin, silesterol, triterpinoid, dan asam behenat. Getah yang ada pada tanaman sambang darah ini memiliki senyawa racun yang sangat berbahaya.

Dalam farmakologi Cina, tanaman ini memiliki sifat : Hangat, pedas, membunuh parasit, obat gatal, menghentikan pendarahan dan beracun (toksin).
Daun sambang darah ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit jika penggunaan benar. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat disembuhkan lengkap dengan cara penggunaannya.

Baca Juga Daftar Tanaman Obat Lainnya:
  1. Manfaat Dan Khasiat SAMBANG GETIH / K EJI BELING
  2. Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto
  3. Manfaat Dan Khasiat Tanaman Sambung Nyawa
  4. Manfaat Dan Khasiat Sangitan(Sambucus javanica Reinw.)
  5. Manfaat Dan Khasiat Sangketan(Heliotropium indicum L.)
  6. Manfaat Dan Khasiat SAWI LANGIT Vernonia cinerea (L.) Less.(Shang han cao)
Khasiat Sambang Darah
1. Disentri
Petiklah 15 helai daun sambang darah lalu dicuci hingga bersih dan digodok dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas saja. Setelah itu, dinginkan dan saring hasil godokan dari daun tersebut lalu minum 2 kali 1 gelas.

2. Pendarahan haid
Rebuslah beberapa ranting sambang darah (hanya daunnya saja) lalu minumlah air rebusan tersebut.

3. Muntah darah dan batuk darah
Petiklah daun lalu cuci hingga bersih dan ditumbuk hingga halus. Setelah itu beri sedikit garam dan setengah cangkir air minum. Kemudian aduk hingga merata lalu diperas dengan sepotong kain lalu diminum.

4. Pendarahan setelah bersalin atau keguguran
Ambilah akar 1,5 jari kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. setelah air menjadi 1 gelas, dinginkan hasil rebusan tersebut lalu saring dan minum 2 x 1/2 gelas.

5. Eksema kronis, psoriasis, dan luka berdarah
Petiklah daun secukupnya, setelah itu dicuci hingga bersih lalu ditumbuk halus. Kemudian bubuhkan ke tempat yang sakit kemudian dibalut dengan perban atau kain.

Comments